topcars92

Kamis, 20 Oktober 2011

BMW R 1200 GS


1 Oktober 2008. Ketika saya tiba di CITOS pukul 05.30 dengan maksud bergabung dengan DDOCI (Ducati Desmo Owners Club Indonesia) mengikuti Acara Baksos DDOCI di Mega Mendung, telah hadir disana sebuah motor BMW warna silver dan seorang biker yang berdiri pas di depan lobi CITOS.
Antara percaya atau tidak ketika saya melihat motor BMW tersebut, atau apakah saya yang salah tempat? Sesaat berhenti dan membuka helm, pria yang punya motor BMW tersebut menghampiri dan berjabat tangan, lalu memperkenalkan diri. Ternyata saya benar, rekan pemilik BMW tersebut akan bergabung dengan DDOCI, hanya saja kali ini ia mengendarai motor BMW Seri G 1200 GS, yaitu salah satu jenis motor berkarakter adventure touring bike yang sering saya amati melalui internet.
Pada artikel ini, saya mengulas ringkas apa yang saya lihat dari sosok motor BMW R 1200 GS yang katanya sangat diminati oleh pasar Amerika Utara (USA). Motor tersebut terlihat masih mengkilap dan bersih tanpa noda, walaupun selang beberapa jam yang lalu, kawasan Jakarta Selatan baru saja diguyur hujan keras. Hm.. saya penasaran.
 
Info yang saya peroleh, motor BMW R 1200 GS adalah motor sejatinya para ‘adventurer’. Motor ini memiliki feature dengan teknologi modern langsung dari pabrikan motor BMW di German, antara lain memiliki ESA (Electronic Suspension Adjustment). Untuk pemakaian medan yang keras atau medan yang lebih berat telah dilengkapi dengan Enduro ESA. Motor ini juga punya feature ASC (Automatic Stability Control).
Benar juga. Setelah melihat motor ini berjalan, saya dapat mengamati dengan jelas kalau suspensi motor ini memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Ayunan suspensi yang begitu lembut membuat pengendara bagaikan duduk diatas sofa, bukan duduk di motor.
Lewat jalan keriting, jalan kerikil, maupun jalan tikungan semuanya dilalui dengan lembut. Diakui, suspensi asli buatan German adalah kelebihan motor BMW ini.
Dari literatur yang ada, menunjukkan motor seri BMW R 1200 GS ada dua jenis, yang pertama GS biasa dan yang kedua, GS Adventure. Bedanya yang GS Adventure menggunakan roda jari-jari dengan tapak ban model trail. Boleh dibilang yang kelas adventure mirip motor trail. Sedangkan GS biasa menggunakan velg racing atau ‘spoked wheel’.
Sebuah ungkapan menyebutkan bahwa motor ini bagaikan motor-nya Humvee (HUMMER), maksudnya dapat dipakai untuk segala medan atau ‘off-road’ motor bike atau pun ‘all-terrain’ bike.
Ketika diamati lebih dekat, motor ini memiliki kapasitas mesin 1,170CC dengan sistim pendingin udara. Mengusung mesin dua silinder ‘Boxer Twin’ dengan empat katup, bagian luar di lindungi dengan lekukan ‘tubular stell frame’.
Model mesin yang melebar dan putaran roda belakang menggunakan gardan (tanpa rantai) adalah ciri khas dari motor BMW pada umumnya.
Tenaga mesin diklaim bisa tembus 105 hp pada putaran mesin 7,500rpm. Motor yang saya liput ini sudah mengganti silicer knalpotnya dengan merek ‘Remus’. Jadi, bisa dibayangkan tarikan mesin bisa bertambah. Walapun sudah pakai ‘Remus’ namun suaranya masih tetap halus, hal ini sering membuat rekan-rekan DDOCI jadi kaget jika BMW R 1200 GS ini menyalip.
Wah.. yang pasti motor ini kencang sekali. Saya sempat mendengar cerita dari teman-teman DDOCI ketika mereka meluncur ke Puncak Pas Resort, rupanya ada sesuatu yang ‘exiting’ karena terjadi perlombaan singkat diantara bikers DDOCI dengan motor BMW ini. Entahlah.. karena saya tidak melihat langsung karena pada saat itu posisi saya berada di paling belakang.
Ketika melewati jalur pulang di Jalan Tegar Beriman Cibinong Bogor, motor BMW ini sangat melesat dengan cepat, demikian pula tikungan-tikungan Kampung Tengah-Depok dapat dilahap dengan nyaman.
Sebenarnya masih banyak lagi bagian yang masih bisa diulas tentang motor BMW R 1200 GS, demikian pula  berbagai review yang dapat di browising melalui media internet
Belum lagi masalah asesories motor BMW R 1200 GS ini ada banyak sekali jenis ragamnya, mulai dari alat GPS, hand-guard protector, side box, top box, lampu kabut, protector sepatu, dan lain sebagainya.
Dibawah ini adalah beberapa foto dari penulis, menggambarkan cerita yang sesungguhnya di lapangan mengenai keadaan dan seluk-beluk motor BMW R 1200 GS yang diliput pada hari Sabtu, 11 Oktober 2008.

Specification: BMW R 1200 GS

Engine
Type Air-cooled / oil-cooled Boxer twin-cylinder
Displacement 1170 cc
Bore X Stroke 101.0 mm x 73.0 mm
Horsepower 100 bhp @ 7250 rpm
Torque 85 lb/ft @ 5500 rpm
Valve Gear Chain-driven, high cam, OHV, w/adj. rocker arms
No of cylinders Two
Compression Ratio 11.0 : 1
Engine Management BMW Engine Controller – BMS K
Valves per Cylinder
Four
Valves 2 x 36 mm intake / 2 x 31 mm exhaust
Fuel Tank HDPE, internal pump and internal filter
Alternator W 600 Watts @ 14 Volts
Battery V/AH 12 Volts / 14 Amps/hour
Engine Summary The two cylinder flat twin Boxer engine is BMW’s famous, time-tested, signature design. First designed in 1923, its two horizontally mounted cylinders are like a boxer’s gloves punching each other as he enters the ring. The result is a supremely reliable, flexible engine with a low center of gravity and like all twins, excellent torque characteristics. The exposed cylinders offer excellent air cooling and if it’s durability, performance, and bulletproof all-around handling you want, this is your powerplant.
Drivetrain
Clutch 180 mm dry, single plate with hydraulic actuation
Gear Box 6 Speed gear box
Primary Transmission 1:1.823
Gear Ratios
  • I: 2.28:1
  • II: 1.58:1
  • III: 1.26:1
  • IV: 1.03:1
  • V: 0.90:1
  • VI: 0.81:1
Final Drive System Enclosed driveshaft with two universal joints
Final Drive Ratio 2.82:1
Frame & Suspension
Frame Three-part, engine/cast aluminum/tubular steel
Front wheel suspension BMW Telelever
Rear wheel suspension BMW EVO Paralever
Spring Travel front/rear 7.5 inches / 7.9 inches
Ground Clearance 7.3 inches
Handlebar center point angle 62.9 degrees
Brakes
Brake System BMW EVO with partial integral ABS
Front Brakes Two, four-piston fixed calipers
Front Rotor 12.0 inch dual floating rotors
Rear Brakes SIngle, two-piston floating caliper
Rear Rotor 10.4 inch single, fixed rotor
Actuation Hydraulic, DOT 4 fluid type
Wheels & Tires
Front Wheel 2.50 x 19 cast alloy, five double-spoke
Rear Wheel 4.00 x 17 cast alloy, five double-spoke
Front Tire 110/80 x 19 tubeless
Rear Tire 150/70 x 17 tubeless
Dimensions
Overall Length 87.0 inches
Overall Width 36.0 inches
Wheelbase 59.8 inches
Seat height 33.1 inches
Weight – Dry 439 lbs.
Max permissible weight 936 lbs.
Fuel Capacity 5.2 U.S. gallons ; including 1 gallon reserve

Tidak ada komentar:

Posting Komentar