Antara percaya atau tidak ketika saya
melihat motor BMW tersebut, atau apakah saya yang salah tempat? Sesaat
berhenti dan membuka helm, pria yang punya motor BMW tersebut
menghampiri dan berjabat tangan, lalu memperkenalkan diri. Ternyata saya
benar, rekan pemilik BMW tersebut akan bergabung dengan DDOCI, hanya
saja kali ini ia mengendarai motor BMW Seri G 1200 GS, yaitu salah satu
jenis motor berkarakter adventure touring bike yang sering saya amati
melalui internet.
Pada artikel ini, saya mengulas ringkas
apa yang saya lihat dari sosok motor BMW R 1200 GS yang katanya sangat
diminati oleh pasar Amerika Utara (USA). Motor tersebut terlihat masih
mengkilap dan bersih tanpa noda, walaupun selang beberapa jam yang lalu,
kawasan Jakarta Selatan baru saja diguyur hujan keras. Hm.. saya
penasaran.
Info yang saya peroleh, motor BMW R 1200
GS adalah motor sejatinya para ‘adventurer’. Motor ini memiliki feature
dengan teknologi modern langsung dari pabrikan motor BMW di German,
antara lain memiliki ESA (Electronic Suspension Adjustment). Untuk
pemakaian medan yang keras atau medan yang lebih berat telah dilengkapi
dengan Enduro ESA. Motor ini juga punya feature ASC (Automatic Stability
Control).
Benar juga. Setelah melihat motor ini
berjalan, saya dapat mengamati dengan jelas kalau suspensi motor ini
memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Ayunan suspensi yang begitu
lembut membuat pengendara bagaikan duduk diatas sofa, bukan duduk di
motor.
Lewat jalan keriting, jalan kerikil,
maupun jalan tikungan semuanya dilalui dengan lembut. Diakui, suspensi
asli buatan German adalah kelebihan motor BMW ini.
Dari literatur yang ada, menunjukkan
motor seri BMW R 1200 GS ada dua jenis, yang pertama GS biasa dan yang
kedua, GS Adventure. Bedanya yang GS Adventure menggunakan roda
jari-jari dengan tapak ban model trail. Boleh dibilang yang kelas
adventure mirip motor trail. Sedangkan GS biasa menggunakan velg racing
atau ‘spoked wheel’.
Sebuah ungkapan menyebutkan bahwa motor
ini bagaikan motor-nya Humvee (HUMMER), maksudnya dapat dipakai untuk
segala medan atau ‘off-road’ motor bike atau pun ‘all-terrain’ bike.
Ketika diamati lebih dekat, motor ini
memiliki kapasitas mesin 1,170CC dengan sistim pendingin udara.
Mengusung mesin dua silinder ‘Boxer Twin’ dengan empat katup, bagian
luar di lindungi dengan lekukan ‘tubular stell frame’.
Model mesin yang melebar dan putaran
roda belakang menggunakan gardan (tanpa rantai) adalah ciri khas dari
motor BMW pada umumnya.
Tenaga mesin diklaim bisa tembus 105 hp
pada putaran mesin 7,500rpm. Motor yang saya liput ini sudah mengganti
silicer knalpotnya dengan merek ‘Remus’. Jadi, bisa dibayangkan tarikan
mesin bisa bertambah. Walapun sudah pakai ‘Remus’ namun suaranya masih
tetap halus, hal ini sering membuat rekan-rekan DDOCI jadi kaget jika
BMW R 1200 GS ini menyalip.
Wah.. yang pasti motor ini kencang
sekali. Saya sempat mendengar cerita dari teman-teman DDOCI ketika
mereka meluncur
ke Puncak Pas Resort, rupanya ada sesuatu yang ‘exiting’ karena
terjadi perlombaan singkat diantara bikers DDOCI dengan motor BMW ini.
Entahlah.. karena saya tidak melihat langsung karena pada saat itu
posisi saya berada di paling belakang.
Ketika melewati jalur pulang di Jalan
Tegar Beriman Cibinong Bogor, motor BMW ini sangat melesat dengan cepat,
demikian pula tikungan-tikungan Kampung Tengah-Depok dapat dilahap
dengan nyaman.
Sebenarnya masih banyak lagi bagian yang
masih bisa diulas tentang motor BMW R 1200 GS, demikian pula berbagai
review yang dapat di browising melalui media internet
Belum lagi masalah asesories motor BMW R
1200 GS ini ada banyak sekali jenis ragamnya, mulai dari alat GPS,
hand-guard protector, side box, top box, lampu kabut, protector sepatu,
dan lain sebagainya.
Dibawah ini adalah beberapa foto dari
penulis, menggambarkan cerita yang sesungguhnya di lapangan mengenai
keadaan dan seluk-beluk motor BMW R 1200 GS yang diliput pada hari
Sabtu, 11 Oktober 2008.
Specification: BMW R 1200 GS
Engine | |
---|---|
Type | Air-cooled / oil-cooled Boxer twin-cylinder |
Displacement | 1170 cc |
Bore X Stroke | 101.0 mm x 73.0 mm |
Horsepower | 100 bhp @ 7250 rpm |
Torque | 85 lb/ft @ 5500 rpm |
Valve Gear | Chain-driven, high cam, OHV, w/adj. rocker arms |
No of cylinders | Two |
Compression Ratio | 11.0 : 1 |
Engine Management | BMW Engine Controller – BMS K |
Valves per Cylinder
|
Four |
Valves | 2 x 36 mm intake / 2 x 31 mm exhaust |
Fuel Tank | HDPE, internal pump and internal filter |
Alternator W | 600 Watts @ 14 Volts |
Battery V/AH | 12 Volts / 14 Amps/hour |
Engine Summary | The two cylinder flat twin Boxer engine is BMW’s famous, time-tested, signature design. First designed in 1923, its two horizontally mounted cylinders are like a boxer’s gloves punching each other as he enters the ring. The result is a supremely reliable, flexible engine with a low center of gravity and like all twins, excellent torque characteristics. The exposed cylinders offer excellent air cooling and if it’s durability, performance, and bulletproof all-around handling you want, this is your powerplant. |
Drivetrain | |
---|---|
Clutch | 180 mm dry, single plate with hydraulic actuation |
Gear Box | 6 Speed gear box |
Primary Transmission | 1:1.823 |
Gear Ratios |
|
Final Drive System | Enclosed driveshaft with two universal joints |
Final Drive Ratio | 2.82:1 |
Frame & Suspension | |
---|---|
Frame | Three-part, engine/cast aluminum/tubular steel |
Front wheel suspension | BMW Telelever |
Rear wheel suspension | BMW EVO Paralever |
Spring Travel front/rear | 7.5 inches / 7.9 inches |
Ground Clearance | 7.3 inches |
Handlebar center point angle | 62.9 degrees |
Brakes | |
---|---|
Brake System | BMW EVO with partial integral ABS |
Front Brakes | Two, four-piston fixed calipers |
Front Rotor | 12.0 inch dual floating rotors |
Rear Brakes | SIngle, two-piston floating caliper |
Rear Rotor | 10.4 inch single, fixed rotor |
Actuation | Hydraulic, DOT 4 fluid type |
Wheels & Tires
|
|
---|---|
Front Wheel | 2.50 x 19 cast alloy, five double-spoke |
Rear Wheel | 4.00 x 17 cast alloy, five double-spoke |
Front Tire | 110/80 x 19 tubeless |
Rear Tire | 150/70 x 17 tubeless |
Dimensions
|
|
---|---|
Overall Length | 87.0 inches |
Overall Width | 36.0 inches |
Wheelbase | 59.8 inches |
Seat height | 33.1 inches |
Weight – Dry | 439 lbs. |
Max permissible weight | 936 lbs. |
Fuel Capacity | 5.2 U.S. gallons ; including 1 gallon reserve |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar